Hit Enter to search or Esc key to close
Coban Talun

Coban Talun

Coban Talun

Coban Talun , ,

Coban Talun

Kota Batu memang salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi, beberapa diantaranya seperti Jatim Park I dan II, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), Selecta, Songgoriti, Sengkaling, Air Terjun Coban Rondo, Alun-alun Kota Batu dan masih banyak lagi.
Selain banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi kota Batu-Malang juga mempunyai panorama alam yang indah serta berhawa sejuk sehingga tidak heran bila kota ini menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi kota-kota di sekitarnya seperti dari kota Surabaya, Gresik, Lamongan, Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan kota-kota lainnya. Jarak yang relatif tidak jauh dari kota-kota tersebut membuat kota Batu sangat padat bila musim liburan telah tiba. Karena berbagai kalangan dari tua, muda, remaja dan terutama anak-anak berkeinginan menghabiskan waktu liburan di kota wisata Batu-Malang.
Satu lagi destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota Batu-Malang yaitu Air Terjun Coban Talun, air terjun ini lebih tepatnya berada di desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang. Berjarak sekitar 15 km atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Malang dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Lokasi air terjun Coban Talun dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan peribadi atau kendaraan unum.

Akses Menuju Coban Talun

Bila menggunakan kendaraan umum, dari terminal bus Arjosari kota Malang sobat traveler bisa naik angkutan dengan kode AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) menuju jurusan terminal Landungsari. Dari terminal ini sobat traveler bisa melanjutkan naik angkutan berwarna Ungu atau Pink menuju ke terminal Batu, selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang angkutan berwarna Orange jurusan Selecta-Coban Talun dan turun tepat di pintu masuk air terjun Coban Talun. Sesaat sebelum sampai di area pintu masuk air terjun perjalanan akan melintasi pemandangan yang menarik yaitu hamparan perkebunan apel milik masyarakat sekitar.

Daya Tarik Wisata

Air Terjun Coban Talun menawarkan keindahan yang masih alami, dikelilingi oleh hutan pinus yang eksotis dan masih terbilang lebat. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun dari pintu masuk awal sobat traveler harus berjalan sekitar 30-60 menit perjalanan melintasi hutan pinus dan dua aliran sungai yang menjadi rute jalan menuju lokasi air terjun.
Agar tetap aman selama perjalanan pihak pengelola wisata air terjun Coban Talun telah memberikan tanda-tanda arah menuju lokasi air terjun, namun pengunjung harus tetap berhati-hati terutama bila saat menyeberangi sungai, kita harus pintar dan jeli memilih pijakan karena bila tidak jeli bukan tidak mungkin kita terperosok kesungai dengan kedalaman selutut orang dewasa.

Akses Menuju Air Terjun Coban Talun

Memasuki sepertiga perjalanan kita akan bertemu dengan percabangan, bila mengambil arah ke kanan kita akan dapat menyaksikan keindahan air terjun dari bagian atas air terjun namun bila memilih arah sebelah kiri kita akan sampai pada aliran air terjun dengan ketinggian mencapai 75 meter ini. Kedua rute dapat kita pergunakan dan kedua-duanya mempunyai sisi pandang air terjun yang mempesona.
Keindahan akan semakin terlihat terutama bila cuaca sedang cerah butiran-butiran air ang tersapu angin menimbulkan efek pelangi yang indah, sungguh pemandangan yang mempesona dan eksotik yang bisa kita dapatkan. Tidak hanya itu hampir di semua lokasi sekitar air terjun Coban Talun terkena paparan dari efek pelangi sehingga menimbulkan pemandangan yang luar biasa indah. Namun bila cuaca sedang hujan semua pengunjung di sarankan untuk segera menunggalkan lokasi air terjun karena dikawatirkan akan timbul banjir atau longsor di sekitar area tersebut

TIPS BERWISATA

  1. Gunakan sandal anti selip atau sepatu gunung
    Medan yang terjal mewajibkan kalian harus mengenakan alas kaki yang sesuai. Terlebih jika jalan menuju Coban Talun dalam kondisi becek, tentu sepatu gunung bisa membantu kalian agar tidak terpeleset. Dan satu lagi, buat kalian para ladies, hindari menggunakan high heels jika ingin berwisata di Coban Talun.
  2. Siapkan bekal
    Menuju Air Terjun Coban Talun memang tidak sesulit seperti mendaki Gunung Semeru, tapi kalian juga harus menyiapkan perbekalan, khususnya air mineral. Kalian tidak ingin kehausan kan selama berjalan kaki menuju spot Coban Talun? Bekal juga bisa kalian nikmati ketika di tujuan sambil memandang keasrian air terjun. Eits, tapi ingat jangan buang sampah sembarangan, jika tidak ada tempat sampah, bawa sampah kalian hingga menjumpai tempat sampah.
  3. Tentukan waktu yang tepat
    Tentukan waktu yang tepat jika ingin mengunjungi Coban Talun. Waktu yang tepat berwisata ke air terjun ini adalah musim kemarau, dimana akses jalan tidak begitu becek dan kalian bisa menikmati air terjun sepuasnya. Namun, bila kalian berkunjung pada musim penghujan, kalian dianjurkan untuk berhati-hati, dan apabila hujan mulai turun kalian wajib meninggalkan lokasi air terjun karena dikhawatirkan terjadi banjir.
  4. Jangan buang sampah sembarangan

FASILTAS

  1. Tempat spot foto seperti Kebun Bunga, kampung indiana, pagupon camp.
  2. Toilet
  3. Area parkir
  4. Tempat makan
  5. penginapan

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG