Hit Enter to search or Esc key to close
Desa Wisata di Lombok

Desa Wisata di Lombok Cocok untuk Edukasi Budaya

Desa Wisata di Lombok Cocok untuk Edukasi Budaya

Desa Wisata di Lombok , , ,

Desa Wisata di Lombok Cocok untuk Edukasi Budaya

By: Stedi Zilas Alwaysa

Batumalangtransco.com – Desa wisata saat ini telah menjadi destinasi wisata yang populer dikalangan wisatawan karena memiliki nilai jual objek wisata. Hadirnya desa wisata sebagai objek wisata tentunya berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Sebagai salah satu tempat tujuan favorit, Lombok juga memiliki beberapa desa wisata yang terkenal. Berikut rekomendasi desa wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi.

Desa Adat Sade

Desa ini merupakan dusun adat Suku Sasak, berlokasi di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Di dusun ini masih mempertahankan bentuk rumah tradisional Suku Sasak dan sangat menjaga adat tradisionalnya. Masyarakat disini memiliki kepercayaan Islam Waktu Telu, dimana mereka menjalankan ibadah shalat hanya tiga kali sehari namun saat ini mereka sudah memeluk agama islam sepenuhnya. Hal unik dari masyarakat yang tinggal disini yaitu mereka membersihkan lantai rumah dengan kotoran kerbau.

Sumber: frentlombok.com

Desa Sembalun Lawang

Terletak di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur atau sekitar 45 menit dari Kota Selong dan 4 jam perjalanan dari kota Mataram. Hal yang menarik di desa ini yaitu sebagai start point pendakian Gunung Rinjani. Disini pun anda akan dibuat takjub oleh pemandangan alam dan perbukitannya yang indah.

Sumber: lazwardyjournal.com

Kampung Wisata Kerujuk

Kemudian selanjutnya ada Kampung Wisata Kerujuk yang ada di Desa Pamenang Barat, Kecamatan Pamenang, Lombok Utara yang berjarak 26 km dari Kota Mataram. Dalam bahasa Sasak, nama kampung ini berarti kepiting dikarenakan banyaknya kepiting yang mudah ditemui disini. Atraksi wisata lain yang dapat anda nikmati yaitu flying fox, trekking dan juga tour keliling desa ini.

Sumber: traveltempo.co

Desa Bilebante

Desa wisata ini populer menjadi desa wisata hijau karena pemandangan alamnya yang asri. Terletak di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Tengah sekitar 16 km dari Kota Mataram. Di desa ini anda dapat melakukan kegiatan bersepeda dan juga trekking mengelilingi desa dengan hamparan sawah yang asri.

Sumber: traveltempo.co

Desa Wisata Tetebatu

Yang terakhir yaitu Desa Wisata Tetebatu yang terletak di sebelah selatan kaki Gunung Rinjani tepatnya di Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Desa ini berjarak sekitar 44 km dari Kota Matraram dan menyuguhkan pemandangan alam Pulau Lombok. Berbagai fasilitas pun tersedia disini seperti homestay, rumah makan, perkebunan holtikultura yang hasil panennya dapat dibawa pulang.

Sumber: travel.kompas.com

Itu tadi beberapa desa wisata di Lombok yang cocok untuk anda yang ingin liburan sembari mempelajari budaya masyarakat setempat. Tertarik untuk mengunjungi desa wisata yang mana? Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Lombok dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG