Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Kebudayaan Unik di Indonesia

Kebudayaan Unik di Indonesia

Blog thumbnail

Kebudayaan Unik di Indonesia

By: Allis Restanura – Batumalangtransco.com

Karapan Sapi – Madura

Bermula dari keringnya tanah Madura yang kurang subur untuk lahan pertanian, kini masyarakat Madura beralih profesi menjadi nelayan di daerah pesisir dan beternak sapi. Upacara ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Agustus atau September. Karapan sapi merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi yang prestis bahkan dianggap bisa menaikkan status sosial seseorang. Karapan Sapi dilaksanakan setelah masyarakat Madura sukses menuai hasil panen padi atau tembakau.

Ritual Tiwah – Kalimantan

Ritual ini dipercaya dan dilaksanakan oleh masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah, khususnya suku Dayak yang menganut kepercayaan Kaharingan. Tradisi ini merupakan ritual yang bertujuan untuk mengantarkan roh leluhur ke alam baka dengan cara menyucikan lalu memindahkan sisa jasad mereka dari liang kubur ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan sandung.

Kebo Keboan – Banyuwangi

Tradisi yang rutin diadakan sekali dalam satu tahun (tepatnya pada tanggal 10 Suro) ini diadakan di Desa Alasmalang, Singojurun, Banyuwangi. Ritual ini merupakan gabungan antara upacara untuk meminta hujan saat musim kemarau atau sebagai ungkapan syukur ketika panen mereka berhasil.

Mapasilaga Tedong – Toraja

Mapasilaga Tedong dalam bahasa Indonesia berarti Adu Kerbau. Kerbau yang diadu merupakan Kerbau Bule atau Kerbau Lumpur. Kedua kerbau ini akan beradu kekuatan menggunakan tanduk untuk menjatuhkan lawannya. Tradisi ini dilaksanakan dalam rangka pemakaman leluhur masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Pasola – Sumba

Tradisi yang satu ini merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba rutin setiap tahunnya pada bulan Februari atau Maret. Tujuan dari pelaksanaan tradisi unik ini adalah memohon restu para dewa agar panen tahun tersebut berhasil. Pasola merupakan tradisi ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda yang terdiri lebih dari 100 orang per kelompoknya. Mereka menggunakan senjata tombak berbahan kayu dengan diameter sekitar 1.5 cm.

Dugderan – Semarang

Kebudayaan unik di Indonesia

Upacara Dugderan merupakan tradisi di Semarang yang rutin dilaksanakan pada 1 hari sebelum bulan puasa. Dugderan meliputi pasar rakyat yang dimulai satu minggu sebelum Dugderan berlangsung. Ciri khas diadakannya ritual ini adalah warak ngendok (sejenis binatang rekaan yang berupa hewan bertubuh kambing, berkepala naga, dan bersisik emas).

Tabuik – Pariaman

Perayaan ini merupakan tradisi di Pariaman yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Asyura yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatera Barat. Tabuik adalah istilah untuk mengusung jenazah yang dibawa selama proses upacara. Upacara melabuhkan tabuik ke laut selalu dilakukan rutin setiap tahun pada tanggal 10 Muharram sejak 1831.

Nah, itu beberapa kebudayaan unik di Indonesia yang bisa anda kunjungi. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG