Hit Enter to search or Esc key to close
Kepulauan Labengki

Mengenal Kepulauan Labengki, Si Raja Ampat Mini dari Sulawesi Tenggara

Mengenal Kepulauan Labengki, Si Raja Ampat Mini dari Sulawesi Tenggara

Kepulauan Labengki ,

Mengenal Kepulauan Labengki, Si Raja Ampat Mini dari Sulawesi Tenggara

By: Tegar Aryha Pratama

Kebanyakan orang pasti sudah mengenal Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara, tapi bagaimana dengan kepulauan Labengki? Yap ini merupakan pulau yang masih sepi dikunjungi orang-orang yang terletak di Sulawesi Tenggara. Labengki disebut sebagai Raja Ampat-nya Sultra atau Raja Ampat mini, karena kepulauan ini merupakan hidden gem yang masih sangat asri alamnya dan terdapat gugusan pulau-pulau kecil.

Jika berkunjung ke Labengki wisatawan bisa melihat air laut yang begitu jernih karena sangat sedikit orang yang ada di Labengki. Kepulauan Labengki terdiri dari 5 pulau besar yaitu Labengki besar, Labengki kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang. Pemandangan yang disuguhkan saat berkunjung ke Labengki begitu indah. Lautnya yang jernih, pemandangan gua yang menakjubkan serta laguna yang indah.

Ada banyak tempat yang memiliki daya tarik wisata di Labengki. Yang pertama laguna Mahumalalang, ini merupakan salah satu tujuan utama para turis yang berkunjung ke Labengki. Warna air yang hijau tosca dan dikelilingi dengan karang yang berwarna hitam keabuan, airnya yang jernih dan dangkal sehingga terlihat dasarnya membuat laguna ini disebut juga Green Lagoon.

(sumber: genpi.id)

Yang kedua ada pantai pasir panjang. Sesuai Namanya pantai dengan pasir putih ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Airnya jernih serta terdapat spot snorkeling yang tidak jauh dari pantai.

(sumber: campatour.com)

Yang ketiga ada gua kolam renang. Lokasinya berada di tengah pulau Labengki Kecil. Untuk sampai ke lokasi utama yaitu kolam renang di dalam gua membutuhkan effort lebih. Wisatawan harus menaiki anak tangga batu lalu menuruni anak tangga yang disediakan menuju kedalam gua. Untuk bisa masuk harus didampingi pemandu atau masyarakat lokal agar lampu di dalam gua dinyalakan. Untuk berkunjung di gua harus di waktu tertentu, jika air sedang tinggi tidak bisa berenang.

(sumber: kompassiana.com)

Yang keempat ada Teluk Cinta & Kimaboe Hills. Teluk cinta inilah yang menjadi ikon dari Labengki sehingga dijuluki “Raja Ampat Mini”, dengan mendaki hingga ke puncak Kimaboe Hills wisatawan dapat melihat pemandangan yang begitu indah dari teluk cinta. Disebut teluk cinta karena gradasi warnanya yang berbentuk hati.

(sumber: phinemo.com)

 

(sumber: campatour.com)

Di Labengki juga sudah ada akomodasi seperti Labengki Nirwana Resort dan Labengki Beach Hut, untuk penginapan yang lebih ekonomis terdapat homestay atau wisatawan bisa menginap di balai desa di Labengki Kecil. Untuk fasilitas penunjang yang lain belum ada tetaapi seperti sinyal atau jaringan internet di Labengki sudah terbilang lumayan.

Masih banyak yang perlu dikembangkan di Labengki, akan tetapi jika travelers berlibur ke Labengki dijamin akan menjadi pengalaman yang memorable. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG