Hit Enter to search or Esc key to close
opop

OPOP Jatim Dukung Koperasi Pesantren yang Sehat dan Berkualitas

OPOP Jatim Dukung Koperasi Pesantren yang Sehat dan Berkualitas

opop

OPOP Jatim Dukung Koperasi Pesantren yang Sehat dan Berkualitas

opop

Pada Selasa 8 Juni 2021 di Hotel Mahkota Lamongan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menyelenggarakan sosialisasi tentang Penguatan Organisasi dan Tatalaksana Kelembagaan Koperasi. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk membantu program prioritas Pemprov Jawa Timur yaitu One Pesantren One Product (OPOP). Muhammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jawa Timur hadir sebagai narasumber pada  kegiatan sosialisasi ini menjelaskan, acara yang diikuti oleh 30 pondok pesantren ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang pengelolaan koperasi sehingga dapat meningkatkan peran dan kualitas koperasi sebagai badan usaha. M Ghofirin juga mengisyaratkan bahwa koperasi dapat menjadi lembaga yang kokoh dengan menerapkan prinsip-prinsip koperasi. Untuk itu koperasi perlu diperkuat secara kelembagaan agar menjadi sistem yang sehat dan berkualitas seperti lembaga ekonomi kerakyatan yang lainnya.

Namun, koperasi yang ada di pesantren (Kopontren) memiliki kendala yang umum seperti tidak adanya badan hukum walaupun koperasinya sudah berjalan. Dengan diadakannya sosialisasi oleh One Pesantren One Product Jatim ini diharapakan peserta dapat mengunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh penyelenggara. Para peserta juga didorong untuk mendirikan koperasi yang memilki badan hukum, melengkapi laporan rutin, melengkapi nomor induk koperasi. Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan mendapatkan dampingan agar terbentuk OPOP yang sehat dan berkualitas.

One Pesantren One Product
Launching Aplikasi OPOP Mart oleh Gubernur Jatim Khofifah
OPOP Mart
Tampilan Aplikasi OPOP Mart

Demi mempermudah pelaksanaan OPOP, para alumni pesantren membuat aplikasi e-Commerce yang bernama OPOP Mart (One Pesantren One Product Mart) yang launching pada Desember 2020 oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam produk dari para santri, pesantren, dan masyarakat umum. Produknya juga bermacam-macam mulai dari makanan, minuman, fashion, hasil pertanian, hingga produk-produk teknologi. Seperti e-Commerce pada umumnya, pengguna dari aplikasi ini tidak hanya santri dan pesantren. Mulai dari alumni, wali santri hingga masyarakat umum yang tertarik juga dapat menjual produknya pada OPOP Mart. Aplikasi OPOP Mart bisa langsung di unduh pada Google Play Store namun pada Apple App Store masih belum tersedia. Anda bisa langsung membuat akun untuk dapat transaksi dan menjual produk pada aplikasi tersebut.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG