Hit Enter to search or Esc key to close
pantai balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

pantai balekambang , , ,

Pantai Balekambang

Terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini dapat dicapai sejauh 60 kilometer ke arah selatan. Akses menuju pantai ini sudah cukup memadai. Jalannya telah diaspal mulus meski wisatawan harus tetap berhati-hati dengan beberapa tanjakan dan kelokan yang tajam. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan deretan pepohonan menghijau yang membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar.
Saat berada di bibir pantai, wisatawan akan disuguhi oleh hamparan lautan luas dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan panorama khas pantai yang berkarang. Pantai Balekambang adalah tipikal pantai yang bersih dan tertata dengan rapi.
Suasana tenang dan udara sejuk khas pantai dapat menjadi obat mujarab bagi wisatawan untuk melepaskan penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Di seberang pantai, wisatawan juga dapat menyaksikan panorama beberapa pulau seperti Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung dengan jembatan
Sebelum dikenal seperti sekarang, Pantai Balekambang dulunya masih dikitari oleh pepohonan lebat dan hutan sehingga jarang sekali ada orang atau bahkan masyarakat setempat yang masuk kesana.

Sejarah

Asal muasal kenapa pantai ini sampai dapat berkembang sebegitu bagusnya saat ini bermula dari cerita berikut ini.
Sejak tahun 1978, Pantai Balekambang sebenarnya telah dikenal oleh warga sekitar. Di tahun tersebut, seorang perangkat desa di Desa Srigonco mulai membuka akses jalan sehingga orang yang berasal dari luar desa dapat ikut melihat dan mencapai pantai dengan mudah. Barulah lima tahun berselang, Pantai Balekambang diresmikan oleh Bupati Malang saat itu yaitu Bapak Eddy Slamet.
Setelah resmi dibuka sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, nama Pantai Balekambang makin terkenal. Tahun demi tahun keindahan pantai ini terus menarik animo pengunjung untuk datang dan menyaksikan keindahan pantai ini. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi desa setempat, pantai ini pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan kala datang berkunjung. Tak heran saat ini Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata di Malang dan Jawa Timur yang paling populer.
Konon, dulunya orang yang pertama membuka hutan yang melingkupi area Pantai Balekambang bernama Syaikh Abdul Jalil, seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta. Saat beliau wafat, beliau dimakamkan di area dekat Pantai Balekambang yang berlokasi kurang lebih 1 kilometer jauhnya. Saat bulan Muharram/Suro, makam beliau ramai diziarahi oleh umat muslim yang datang dari berbagai daerah. Jasa beliau ini dikenang oleh masyarakat sekitar sehingga menjadikan makam beliau disucikan dan menjadi salah satu wisata religi yang ada di Malang.
Uniknya, saat hari raya Nyepi, Pantai Balekambang akan dikunjungi oleh banyak wisatawan melebihi saat hari-hari biasa. Sebab, umat Hindu yang tinggal di sekitar wilayah Malang melakukan prosesi upacara di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo, sebuah pulau yang terletak di seberang pantai ini.
Salah satu mitos yang paling berkembang di pantai ini adalah tentang berakhirnya hubungan asmara bagi pasangan muda yang belum menikah secara sah jika mereka datang berkunjung bersama, Mitos lainnya adalah konon air laut Pantai Balekambang dapat membuat orang menjadi awet muda.
Maka jangan heran bila wisatawan akan menjumpai orang-orang yang berendam di air laut atau sekadar mengusapkan air ke wajah mereka. Tentulah ini semua hanyalah mitos, artinya kebenaran akan cerita-cerita di atas berpulang kembali kepada keyakinan masing-masing dan tak perlu dipersoalkan dengan serius.

TIPS BERWISATA

  1. Datanglah pagi-pagi untuk dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang cantik dan menghindari panas terik di siang hari
  2. Bawalah penutup kepala seperti payung atau topi untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari.
  3. Hindari berenang di laut karena pada musim tertentu, ombak di pantai ini tinggi dan anginnya kencang sehingga sangat berbahaya untuk berenang.
  4. Isi penuh baterai kamera dan gadget Anda untuk berfoto karena banyak spot-spot cantik di sekitar pantai untuk diambil gambarnya.

FASILITAS

  1. Hotel dan Penginapan
    Di sekitar Pantai Balekambang, banyak penginapan dan hotel yang dapat disewa dengan tarif mulai dari Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- per malam. Yang menyenangkan, wisatawan dapat membooking hotel secara online sebelumnya dengan memanfaatkan situs-situs online seperti Agoda dan PegiPegi. Selain bisa mendapatkan diskon yang menarik, memesan hotel di awal juga akan menghindarkan wisatawan dari kehabisan kamar terlebih saat musim liburan atau akhir pekan.
  2. Toilet Umum
    Di pantai ini tersedia banyak toilet umum yang cukup bersih dan dapat digunakan untuk membilas dan membersihkan diri setelah puas bermain air laut dan pasir.
  3. Rumah Makan
    Di sepanjang tepi pantai, banyak dijumpai warung makan maupun resto yang menjual aneka makanan mulai dari seafood yang lezat dan segar hingga pilihan menu lain.
  4. Tempat Parkir
    Objek wisata ini memiliki areal parkir yang luas, jadi jangan khawatir bila datang kesini dengan membawa kendaraan pribadi.
  5. Toko Oleh-oleh
    Bila ingin membeli kenang-kenangan atau souvenir, wisatawan bisa berbelanja di kios-kios cendera mata yang ada disekitar pantai dengan harga yang relatif terjangkau.
  6. Tempat Ibadah
    Bagi wisatawan yang beragama Islam, kawasan Pantai Balekambang juga dilengkapi dengan musholla yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan shalat.
  7. Fasilitas Lain
    Pantai Balekambang juga dilengkapi dengan arena perkemahan, kantor informasi, pendopo dan bungalow sederhana.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG