Hit Enter to search or Esc key to close
pantai goa cina

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

pantai goa cina , ,

Pantai Goa Cina

Pantai Goa cina Malang merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Salah satu pantai Malang selatan tersebut memang baru-baru ini mencuat namanya karena banyak yang menguploadnya lewat jejaring sosial. Namun apakah anda tahu nama pantai goa cina Malang sebenarnya? Nama asli pantai ini sebenarnya adalah Pantai Rowo Indah, konon karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang berasal dari Cina sekitar 20 tahun lalu yang sedang bertapa didalam goa dikawasan tersebut, maka pantai ini lebih sering disebut dengan pantai Goa Cina sampai sekarang.
Salah satu keunikan dipantai ini adalah keindahan ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun ada hal yang istimewa disalah satu pantai malang selatan ini, meski berada dibagian selatan pulau Jawa, dari pantai ini kita bisa menikmati sunrise.
Selain popular dengan misteri goa fenomenal dan keindahan sunrise dipagi hari, salah satu tempat wisata di Malang selatan ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni adanya gelombang air laut bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, yakni arah selatan, timur dan arah barat. Arus gelombang itu bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.
Dikarenakan arus gelombang demikian kuat, hal tersebut memunculkan suara bergemuruh yang sangat kencang. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan. Selain itu karena besarnya ombak, maka tidak ada satupun perahu nelayan yang berani bersandar dipantai. Kawasan Pantai Goa China hanyalah menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendangbiru. Sebenarnya area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun dengan adanya tiga pulau yang berada ditengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah.
Tiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Dan dipinggir pantai terlihat cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis tampak berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi dibibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya.
Posisi goa cina terletak disebelah kanan pantai dengan jarak sekitar 50 meter serta berada dibukit karang. Goa cina tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, bentuknya seperti rongga biasa yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter. Ruangan didalamnya juga cukup lebar, bisa untuk 2 orang berjalan beriringan. Meski namanya goa, tapi tidak terlihat batu-batu stalaktit atau stalakmit yang menjadi ciri khas sebuah goa. Jadi, goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga yang ada didalam karang. Meski begitu, goa terlihat memiliki nilai magis yang kuat.

TIPS BERWISATA

  1. Jangan mengotori lingkungan
  2. Pakai sunblock untuk melindungi kulit
  3. Lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  4. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik
  5. Menuju kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika anda dari Malang Kota, anda bisa langsung mengambil jalan menuju ke Gadang, setelah sampai di perempatan Gadang, ambil jalan ke arah Bululawang, Turen dan Sumbermanjing Wetan. Pilih jalan ke Dusun Sitiarjo, nanti anda akan menemukan petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Sendang Biru, sampai di pertigaan Pantai Sendang Biru, ambil arah kanan ke Pantai Goa Cina.

FASILITAS

  1. Toilet umum
    Salah satu fasilitas yang penting ini sudah ada di Pantai Goa Cina. Jadi bagi anda yang butuh untuk ke kamar mandi tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa bilik toilet umum yang bisa anda gunakan di sana.
  2. Lahan parkir
    Datang ke Pantai Goa Cina bisa menggunakan kendaraan pribadi. Nah untuk anda yang membawa motor atau mobil sendiri, di sana sudah ada lahan parkir yang memadai yang bisa menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya sendiri juga murah.
  3. Warung atau tempat makan
    Bagi anda yang tidak membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, anda tidak perlu takut kelaparan. Di sana sudah ada beberapa warung atau kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
  4. Gazebo
    Ada beberapa gazebo-gazebo di sana yang bisa anda gunakan untuk tempat bersantai. Duduk-duduk sambil menikmati pemandangan pegununga dari kejauhan dan juga memakan bekal yang anda bawa, pastilah bisa menjadi kegiatan bersantai yang asik.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG