Hit Enter to search or Esc key to close
pantai sendang biru

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

pantai sendang biru ,

Pantai Sendang Biru

Berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, tepatnya 30 km bagian selatan Malang. Pantai indah ini berada di Samudera Hindia yang terhalangi oleh sebuah pulau tak berpenghuni. Meski berada di pesisir laut selatan, ombak pantai Sendang Biru tidak besar sebab terhalang pulau konservasi Sempu. Wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu pasti akan melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Pasalnya, pantai ini terbentuk sebagai selat sempit yang memisahkan bibir pantai dan Pulau Sempu.
Nama ‘sendang biru’ berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti ‘sumber air yang berwarna biru’. Ya, pantai ini memang sangat jernih dengan air yang kebiruan. Destinasi tersebut juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan di Malang dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan. Perahu-perahu ini juga disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling menikmati panorama Pantai Sendang Biru. Untuk perahu motor disewakan dengan harga Rp. 100 ribu dan perahu dayung Rp. 50 ribu.
Saat berada di tengah laut cobalah untuk menengok ke bawah. Anda akan melihat pemandangan biota laut yang terlihat jelas. Ikan-ikan kecil berenang di sela-sela karang membuat liburan Anda tidak akan pernah terlupakan. Uniknya, pantai ini dikelola oleh masyarakat setempat yang masih taat menjalankan adat. Wisatawan yang ingin menyeberangi laut menuju Pulau Sempu harus mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika Anda ingin menyaksikan tradisi tersebut datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7 dan 8 bulan Syawal.
Jika kurang puas bermain pasir di Sendang Biru, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling ke Pulau Sempu. Eksotisme bibir pantai di pulau ini cukup mengagumkan. Di sini para pengunjung bisa melihat sebuah telaga yang sangat mempesona bernama Telaga Anakan. Selain itu ada juga Telaga Sat dan Telaga Lele yang tidak kalah indah. Anda dapat memancing, berenang, berjemur, serta menyelam di sekitar pulau ini. Keindahan Pulau Sempu sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang datang ke destinasi ini.

TIPS BERWISATA

  1. Perkirakan cuaca dalam keadaan baik
  2. Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik.
  3. Jangan lupa bawa peralatan seperti pakaian ganti, sabun, obat obatan, tabir surya, kamera
  4. Jangan buang sampah sembarangan

FASILITAS

  1. Toilet
  2. Tempat makan
  3. Area parkir kendaran
  4. Penyewaan perahu
  5. Penginapan
Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG