Hit Enter to search or Esc key to close
ragam festival di indonesia

Ragam Festival di Indonesia

Ragam Festival di Indonesia

ragam festival di indonesia ,

Ragam Festival di Indonesia

By: Tegar Aryha Pratama

Beragam kebudayaan yang dimiliki Indonesia membuat negara ini memiliki event kebudayaan. Contohnya festival, banyak ragam festival kebudayaan di Indonesia sepertifestival pakaian adat yang dipadukan dengan seni kontemporer. Jika berwisata ke suatu daerah dan bertepatan dengan perayaan festival merupakan keseruan bagi para backpacker. Berikut ragam festival di Indonesia yang dapat anda kunjungi.

Sekaten, Yogyakarta

Ragam Festival di Indonesia
Sumber: Investor.id

Festival ini dirayakan tiap maulid nabi Muhammad SAW selama seminggu. Pada malam sekaten alun-alun kota Yogyakarta dimeriahkan dengan pasar malam dipenuhi dengan wahana, jajanan, dan atraksi seru. Puncak dari sekaten yaitu perayaan Grebeg Maulud yaitu pada tanggal 12 Rabuil Awal.

Festival Lembah Baliem, Wamena

Festival tahunan ini diadakan setiap bulan Agustus dan berlangsung selama 3 hari, ini merupakan simulasi perang antar 3 suku yang bermukim di lembah Baliem yaitu suku Dani, suku Lani, dan suku Yali.

Sumber: indonesia.go.id

Gandrung Sewu, Banyuwangi

Festival ini diadakan untuk melestarikan tari gandrung asal Banyuwangi setiap tahun sekali pada bulan Oktober. Sesuai namanya “Sewu” yang berarti seribu dalam bahasa Jawa, tarian ini diikutsertai oleh 1000 penari. Makna dari tari gandrung yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Dewi Sri setelah masa panen.

sumber: travel.kompas.com

Dieng Culture Festival, Wonosobo

Festival ini biasa diselenggarakan tiap bulan Agustus. Pada festival ini diadakan ruwatan atau pemotongan rambut bacah gimbal. Festival ini dimeriahkan dengan pagelaran seni, pesta lampion & kembanga api, serta music jazz.

sumber: travel.kompas.com

Festival Danau Sentani, Jayapura

Festival tahunan ini diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni dan berlangsung selama 5 hari. Beberapa acara yang diadakan pada festival ini yaitu upacara adat penobatan ondoafi (kepala suku), pertunjukan tarian adat di atas perahu, tari perang khas Papua, dan sajian kuliner khas Papua.

sumber: adira.co.id

Nah, itu ragam Festival Indonesia yang bisa anda kunjungi untuk merasakan sensasi budaya masyarakat setempat. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata indonesia dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG