Hit Enter to search or Esc key to close
ranu kumbolo

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

ranu kumbolo , ,

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki gunung semeru , danau gunung yang terkenal di kota Lumajang Jawa Timur , letaknya di pegunungan Tengger. dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS) . Wisata Ranu Kumbolo ini merupakan wisata yang cocok buat para pendaki gunung maupun pecinta alam karena sulit di jangkau namun bagi anak – anak muda yang penasaran dengan tempat wisata ini bisa mencobanya sendiri , wisata danau ini merupakan jalur menuju pendakian Gunung Semeru . luas wilayah danau ini sekitar 15 hektar dengan ketinggian 2400 mdpl .namun para wisatawan atau para pengunjung tidak akan menyesal datang ke wisata ini karena pesona keindahannya yang menakjubkan .
Wisata Ranu Kumbolo memiliki daya tarik tersendiri baagi para pecinta alam maupun bagi para pendaki gunung atau bagi wisatawan yang suka dengan tantangan , karena untuk atang ke wisata Ranu Kumbolo di butuhkan perjuangan yang cukup keras , namun setelah sampai di Ranu kumbolo kelelahan anda akan terbayar setelah melihat pemandangan yang sangat luar biasa , air danau yang berwarna hijau kebiru – biruan dan juga rimbunya pepohonan yang membuat udara terasa sejuk dan segar.
Ranu Kumbolo ini terletak di lereng atas gunung semeru karena di ranu kumbolo inilah tempat istirahatnya para pendaki gunung dengan mendirikan base camp ,jadi para pendaki gunung bisa bermalam di sini dan melanjutkan kembali mendaki gunung pada esok harinya , sambil beristirahat para pendaki gunung di suguhi dengan keindahan ranu kumbolo yang bisa memanjakan mata yang melihatnya , namun di ranu kumbolo ini juga terkenal angker dan seram namun itu masih mitos , konon katanya di ranu kumbolo ini ada penunggunya dan dia seorang wanita yang biasa muncul pada bulan purnama .
menurut warga setempat pernah ada kejadian sepasang pengantin datng ke danau ranu kumbolo dan meeka berdua mandi bersama namun mempelai wanita terseret arus dan muncul lagi ke permuka’an namun sudah tidak bernyawa , namun ini hanya mitos masalah percaya atau tidak terserah anda masing – masing.

TIPS BERWISATA

  1. Disarankan bagi Anda yang ingin berwisata ke sini, paling tidak selama satu minggu sebelumnya latihan fisik terlebih daulu. Latihan fisik ini bisa berupa jogging, gym, lari, dan olahraga lain yang bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh Anda.
  2. Selain fisik, siapkan foto kopi KTP sebanyak tiga lembar, surat keterangan sehat dari dokter, dan materai. Di Ranu Pani nanti sebelum mendaki, Anda akan diminta melakukan registrasi dengan menunjukkan dua surat ini. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan sebagai tindakan penyelamatan bisa terjadi sesuatu yang buruk pada Anda saat perjalanan.
  3. Hal terakhir yang harus Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan adalah peralatan mendaki seperti jaket (usahakan jaket tebal yang tahan air), kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala, penutup telinga, masker, sleeping bag, tenda, makanan, dan air minum. Bawalah persediaan air yang cukup.
  4. Anda juga bisa membawa coklat atau madu untuk membantu menambah stamina saat perjalanan mendaki.
  5. Jangan buang sampah sembarangan

FASILITAS

  1. Area parkir
  2. Warung makan
  3. Pos penjagaan
  4. Kamar mandi dan toilet juga sudah tersedia.
Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG