Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Rekomendasi Pantai di Yogyakarta

Rekomendasi Pantai di Yogyakarta

Blog thumbnail ,

Rekomendasi Pantai di Yogyakarta

By: Jannet Hillary

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lekat dengan destinasi wisata yang sudah dikenal, baik bagi wisatawan yang sudah dikenal, baik bagi wisatawan nusantara atau mancanegara. Keindahan alam dan budayanya mampu menjadi daya Tarik wisata dari daerah yang diapit Provinsi Jawa Tengah ini.

Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Yogyakarta juga tentu memiliki beberapa pantai menarik yang menjadi tujuan wisata. Namun, jika kamu ingin menjelajahi pantai yang letaknya berdekatan satu sama lain, cobalah dating ke daerah Kabupaten Gunungkidul. Berikut rekomendasi tempat wisata pantai yang menarik dikunjingi dan menjadi spot foto yang indah.

PANTAI NGLAMBOR ATAU LAMBOR

Salah satu pantai yang cocok untuk snorkeling adalah pantai Nglambor. Pantai ini terletaak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk bisa menikmati keelokan alam bawah air Pantai Nglambor, wisatawan dapat membawa perlengkapan snorkeling sendiri atau menyewanya di penyedia peralatan yang ada di Pantai Nglambor. Biaya sewanya berkisar antara Rp. 35.000 – Rp. 50.000 untuk paket peralatan snorkel, masker, sepatu karet, life jacket dan peralatan lainnya. Dan bagi yang ingin mendokumentasikan momen juga tersedia jasa fotografer di atas dan dibawah permukaan laut.

Pantai ini memang terkesan berbeda dengan pantai lainnya karena arusnya yang lebih tenang dan airnya jernih sehingga wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling di sini.

PANTAI TIMANG

Bagi anda yang menyukai kegiatan yang dapat memacu adrenalin maka pantai ini dapat menjadi tujuan wisata anda. Ikon dari pantai ini adalah gondola atau kereta gantung yang digunakan untuk menyebrang ke Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang. Tidak seperti pulau lainnya yang berupa daratan tanah dengan banyak pepohonan, tapi Pulau Timang ini hanya berupa bukit karang bertebing batu. Awalnya, gondola atau kereta gantung tersebut digunakan oleh para nelayan sebagai alat transportasi penyebrangan namun lama-kelamaan wisatawan tertarik dengan wahana ini dan warga sekitar berinisiatif untuk mengkomersilkannya.

Ketenaran dari Pulau Timang memuncak setelah salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan, yaitu Running Man, berkunjung ke tempat ini dan mengirimkan dua perwakilan anggotanya untuk mencoba wahanaa gondola. Besar biaya yang dibutuhkan untuk menaiki wahana gondola dikenakan tarif Rp.150.000. per orang dan untuk jembatan Rp.100.000 dan itu belum termasuk biaya lainnya seperti biaya masuk objek wisata Rp.10.000, biaya transportasi darat menuju ke lokasi wahana (Jeep Rp.350.000 dan Ojek Rp.50.000). Pantai Timang buka setiap hari dan untuk jam operasionalnya mulai dari pagi hingga sore mengikuti banyaknya wisatawan yang datang.

PANTAI POK TUNGGAL

(Sumber : tempatwisata.pro)

Bagi anda yang menyukai pantai berpasir putih, Pantai Pok Tunggal dapat menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang ada di Jogja. Pantai ini berlokasi di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dihitung kira-kira dari pusat Kota Jogja, anda harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan. Di pantai ini wisatawan dapat dengan leluasa bermain pasir putih, berjemur atau sekedar bersantai memandang birunya lautan luas. Keindahan panorama alam yang ada di pantai ini seolah-olah memberikan kesejukan hati.

Fasilitas penunjang yang ada di tempat wisata ini terbilang cukup memadai. Terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Juga terdapat toilet umum bagi para wisatawan yang ingin berganti pakaian. Disediakan pula gazebo-gazebo kecil dengan paying berwarna-warni yang bertebaran di pinggir pantai dan di atas bukit. Wisatawan juga dapat melakukan kegiatan camping dan telah disediakan jasa penyewaan tenda.

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan lokal/asing Rp. 10.000,-

Harga sewa tenda Rp. 25.000,- (untuk 2 orang), Rp. 35.000 (untuk 4 orang), Rp. 50.000 (untuk 7 orang).

Harga sewa gazebo di pinggir pantai Rp. 20.000.

PANTAI PASIR KADILANGU

(Sumber : sikidang.com)

Pesona utama dari objek wisata Pantai Pasir Kadilangu yaitu hutan Mangrovenya mempesona. Lokasinya sendiri berada di Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 58 km jika dari pusat Kota Jogja dengan waaktu tempuh sekitar 90 menit perjalanaan. Selain menjadi spot foto objek wisata ini di lengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata seperti area parkir kendaraan wisata yang luas, toilet umum, mushola, warung wisata, spot foto instagenic, wahana permainan dan lainnya.

Harga tiket masuk Mangrove Kadilangu sendiri yaitu Rp.5.000/orang. Nikmati berbagai macam pesona dan fasilitas yang tersedia untuk sensasi liburan yang tak terlupakan.

Sedangkan untuk biaya tambahan lainnya yaitu retribusi parkir kendaraan ketika anda berkunjung menggunakan kendaraan. Tiket parkirnya sendiri Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Obyek wisata Mangrove Kadilangu Yogyakarta buka setiap hari mulai dari jam 07.00-18.00 WIB.

PANTAI PARANGTRITIS

(Sumber : Native Indonesia)

Pantai Parangtritis tentu sudah tidak asing lagi bagi rasanya, pantai yang sangat indah bahkan menjadi salah satu ikon di Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang unik karena di sekitar pantai anda akan disuguhkan pemandangan gumuk pasir. Gumuk pasir sendiri adalah pasir yang membentuk gunung-gunung karena tersapu oleh tiupan angin. Di Pantai Parangtritis kalian juga dapat menikmati pemandangan Sunset.

Di Pantai Parangtritis wisatawan dapat melalukan banyak hal, salah satunya bermain ATV yang sudah banyak dijumpai di sana. Kalian dapat memainkannya ATV dengan menyewa, harganya berkisar Rp 50.000 – Rp 100.000 tergantung berapa lama durasi memakainya. Tidak hanya itu di Pantai Parangtritis wisatawan juga bisa menikmati pantai dengan cara menaiki kuda. Harganya pun cukup terjangkau sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000.

PANTAI WEDI OMBO

(Sumber : ksmtour.com)

Pantai Wediombo berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas. Pantai ini merupakan pantai tujuan wisata yang kondisinya masih perawan karena belum banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini sehingga lingkungan pantai ini masih sangat bersih. Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari.

Pantai ini merupakan teluk yang menghadap ke barat sehingga bisa menyaksikan keindahan sunset dari matahari tenggelam. Keindahan yang dapat dinikmati wisatawan selanjutnya adalah berselancar atau surfing , karena pantai Wediombo ini mempunyai ombak yang besar dan cocok untuk olah raga selancar.

PANTAI NGRENEHAN

(Sumber : Instagram @abdugp)

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu yang erat kaitannya dengan sejarah Jogja masa lampau. Ini bisa diketahui dari namanya. Ngrenehan berasal dari kata bahasa Jawa yaitu “reneh”. Reneh berarti “sini” yang menjadi bahasa sehari-hari penduduk setempat. Selain asal-usulnya, tentu saja pesona keindahan pantainya. Secara keseluruhan, lokasi ini terlihat seperti teluk dengan keberadaan bukit karang dan lekukannya. Dengan bentuk ini pula, ombak yang ada cenderung tidak begitu besar.

Pantai Ngrenehan berada di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak perjalanan apabila ditempuh dari tugu Jogja yaitu sepanjang lebih dari 50 km. Sedangkan waktu tempuh dengan jarak yang ada yaitu selama 1 jam 34 menit. Sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat.

Untuk memasuki lokasi wisata, pengunjung akan ditarik biaya retribusi. Harga tiket masuk pantai sebesar Rp. 5.000 per orang. Selain harga tiket masuk, bagi yang datang dengan membawa kendaraan, perlu membayar uang parkir sebesar Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000.

Nah, diatas merupakan beberapa rekomendasi pantai di Yogyakarta yang bisa kami rekomendasikan. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata yogyakarta dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG