Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Sentra Batik Yogyakarta

Sentra Batik Yogyakarta

Blog thumbnail ,

Sentra Batik Yogyakarta

By: Stedi Zilas Alwaysa

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang kental akan warisan budayanya. Salah satu warisan budaya yang harus dipertahankan yaitu batik. Banyak sekali sentra batik yang dapat anda kunjungi disini. Selain anda dapat membeli batik dengan motif dan corak yang beragam, anda juga dapat belajar cara pembuatan batik. Berikut sentra batik di Yogyakarta yang harus anda kunjungi:

Sentra Batik Yogyakarta yang Bisa Anda Gunakan Untuk Belajar Membatik

Batik Winotosastro

Sumber: twitter.com/winotosastro

Merupakan sentra batik sekaligus pabrik pembuatan fashion dan juga aksesoris batik yang terletak di Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron, Yogyakarta dan telah berdiri sejak tahun 1940. Disini anda dapat melihat langsung proses bagaimana kain batik dibuat. Walau pada saat ini banyak berkembang batik printing, namun Batik Winotosastro tetap mempertahankan batik tradisional, tetapi tetap berinovasi dengan warna warna terang yang dikembangkan. Soal kualitas batik disini tak perlu diragukan lagi.

Kampung Batik Giriloyo

Sumber: batikgiriloyo.com

Berlokasi di Jl. Imogiri Timur Km.14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta dan merupakan salah satu kampung pusat pengrajin batik yang terkenal di Yogyakarta. Yang menjadi daya tarik utama disini yaitu proses pembuatan batik tulis yang dapat dipelajari dengan mengikuti kursus membatik disini. Anda akan diajarkan teknik teknik dasar dalam membuat batik tulis selama 2 jam.

Desa Wisata Krebet

Sumber: jogja.tribunnews.com

Berbeda degan batik pada umumnya, batik yang ada di Desa Wisata Krebet membuat batik unik diatas kayu. Terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Desa Wisata ini memang sudah lama dikenal sebagai pusat kerajinan batik kayu. Produk batik kayu yang dijual disini meliputi: topeng kayu, wayang kayu, kursi, bahkan lemari. Karena keunikannya, pemasaran produknya telah mencapai pasar internasional. Harga yang dibanderol berbeda tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.

Batik Seno

Batik Seno dikenal sebagai galeri batik lukis terbesar yang ada di Yogyakarta. Telah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan berlokasi di Jl. Matrijeron, MJ.III/800, Jl Mantrijeron, Yogyakarta. Galeri Batik ini sangatlah eksis dikalangan wisatawan dan pecinta batik. Galeri ini juga mengadakan kursus batik bagi pengunjung yang berminat dan akan dipandu langsung oleh ahlinya.

Sumber: tripadvisor.com

Menarik bukan? Sudahkah anda putuskan ingin belajar membuat batik dan juga membeli batik sebagai oleh oleh? Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata indonesia dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG