Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Blog thumbnail ,

Taman Nasional Baluran

Salam Pariwisata para travelers Nusantara, kali ini wisata-batumalang.com akan mereview Taman Nasional Baluran yang merupakan Africanya pulau jawa. Memang sedikit out of topic dari judul website kami, namun perkenankan kami memberikan sedikit review mengenai taman nasional Baluran dengan ciri khasnya padang savanna dan juga habitat hewan hewan layaknya alam liar di Africa.

Deskripsi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah salah satu destinasi wisata unggulan di indonesia yang terletak di wilayah situbondo, bagian utara banyuwangi, Jawa Timur Indonesia. Nama dari taman nasional ini diambil dari nama gunung Baluran. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana hutan mangrove yang berada di sekitar pantai bama.

Pantai Bama

Dari taman nasional Baluran anda dapat mengunjungi destinasi wisata yang ada di kawasan ini yaitu pantai Bama, pantai hanya berjarak sekitar 3 KM. Selama  perjalanan anda akan melewati padang savanna dan juga hutan selain itu juga gerombolan monyet liar akan banyak ditemui di spanjang jalan menuju Pantai Bama. Pemandangan pantai Bama sangat indah, dengan pasir putih sepanjang 300m anda akan disuguhkan juga dengan laut yang tenang dan bersih. Di Pantai Bama ini pengunjung data menyusuri pantai, menjelajahi mangrove, dan snorkeling. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai bama yaitu pukul 05.00-09.00 WIB untuk melihat sunrise yang sangat indah. Di pantai bama ini anda dapat berenang hingga 100 sampai 200 mete atau jika anda ingin melihat pemandangan bawah laut tanpa berenang dengan susah silahkan  menyewa perahu boat.

Fasilitas Taman Nasional Baluran

  1. Penginapan

Penginapan terdapat Wisma yang berada di Savana Bekol yaitu Wisma Rusa, Wisma Merak, dan Wisma Banteng. Sedangkan di Pantai bama terdapat 2 buah wisma yaitu wisma Pilang, dan Wisma Kamidada

  1. Mushola

Mushola dapat anda temukan di dekat padang savanna bekol, musholanya cukup luas dan juga nyaman untuk menunaikan sholat.

  1. Warung Makan / PKL

Warung makan terdapat di pantai Bama dan beberapa PKL di Savana Bekol menjual aneka makanan dan Minuman

  1. Perahu Boat

Perahu Boat terdapat di Pantai Bama

  1. Toilet

Toilet cukup bersih dan nyaman

  1. Camping Ground

Camping ground terdapat di Batangan lokasinya sekitar 500 meter dari pintu masuk baluran.

  1. Tempat Parkir

Taman nasional baluran menyediakan tempat parkir yang luas baik di Padang Savana Bekol dan juga di Pantai Bama

Tips Berwisata di Taman Nasional Baluran

  1. Jangan ganggu satwa liar yang ada.
  2. Jangan memberi makan kepada satwa liar karena akan berdampak pada daya survive hewan hewan yang ada di Taman Nasional Baluran
  3. Jangan membuang sampah sembarangan
  4. Amankan barang bawaan anda karena monyet monyet di sekitar kawasan Baluran dapat mencuri barang bawaan anda
  5. Berhati-hatilah jika kantong makanan terutama kacang, jika diminta monyet di Taman Nasional Baluran beri secukupnya jika tidak monyet bisa marah.
  6. Gunakan kendaraan jeep, mpv ataupun elf. Tidak disarankan menggunakan bus.
  7. Jangan berbuat asusila di taman nasional baluran
  8. Musim kunjungan terbaik adalah bulan Maret s/d Agustus setiap tahunnya.

Info lebih lanjut kunjungi web kami : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

 

 

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG