Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Wisata Religi Di Indonesia Dengan Keragaman Agama

Wisata Religi Di Indonesia Dengan Keragaman Agama

Blog thumbnail ,

Wisata Religi Di Indonesia Dengan Keragaman Agama

By: Allis Restanura

Wisata Religi Sunan Ampel

Bila ingin napak tilas masuknya Islam di Jawa, Anda dapat melakukan wisata religi Sunan Ampel. Sunan Ampel merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Surabaya. Nama asli dari Sunan Ampel adalah Raden Rahmat. Makamnya berada satu lokasi dengan Masjid Sunan Ampel, yang berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Masjid dan makam Sunan Ampel selalu ramai oleh peziarah. Bahkan, masjid tersebut dikatakan sebagai masjid terbesar kedua di kota Surabaya. Makamnya sendiri terletak di sebelah barat dari Masjid Ampel. Beberapa bangunan di kompleks ini memiliki arsitektur yang mengadopsi gaya Eropa. Di dekat makam Sunan Ampel, kamu juga bisa mengunjungi area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab Jawa Timur.

Klenteng Sam po kong

Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat ibadah umat kong hu cu beupa klenteng dan juga tempat wisata yang populer di Semarang. Kelenteng ini memiliki desain dan interior bangunan yang  khas dan bersejarah. Sam Poo Kong adalah klenteng tertua dari 5 klenteng yang termasuk dalam kompleks Sam Poo Kong yang terbentang seluas 3,2 hektar. Bangunan ini meliputi area seluas 1.020 meter persegi dan dipengaruhi oleh gaya arsitektur Cina dan Jawa abad ke-14. Kuil ini dicat dengan warna merah megah dan dimahkotai dengan atap bergaya pagoda berlapis tiga, khas budaya Asia Timur. Daerah sekitarnya yang kental dengan asap dupa, memberikan nuansa berada di China sendiri. Total terdapat empat kelenteng di Sam Poo Kong yang bisa Anda kunjungi, di antaranya Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Maha Vihara Mojopahit

Buddha Tidur menjadi salah ikon keragaman di Kabupaten Mojokerto. Patung ini tercatat sebagai patung terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah patung Buddha di Thailand dan Nepal. Buddha Tidur terletak di dalam Maha Vihara Mojopahit yang ada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan dan tak jauh dari gedung Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Patung berbahan kuningan tersebut dibangun untuk mengenang kematiannya Siddharta Gautama. Ia merupakan guru spiritual dari wilayah Timur laut India yang juga dipercaya sebagai pendiri agama Buddha. Cat emas yang melapisi Patung Buddha Tidur menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Patung dibangun menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Di sekitar area, terdapat pagar pembatas bagi pengunjung yang ingin mengabadikan gambar. Hal tersebut bertujuan menjaga kesakralan patung Buddha tersebut, mengingat area ini juga menjadi rumah ibadah masyarakat Buddha.

Goa Maria

Goa Maria Pohsarang merupakan salah satu tempat ziarah yang banyak dikunjungi oleh umat Kristiani. Letaknya berada di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri. Berdasarkan beberapa cerita, goa ini sudah ada sejak 1925. Dinamakan Gua Maria Lourdes sebab dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dalam bentuk yang kecil. Di seputar patung yang kecil dalam gua pertama tertulis tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda: Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem. (Bunda Maria yang terkandung tanpa noda dosa asal, doakanlah aku yang datang berlindung kepadaMu). Gua kecil yang berada di sebelah kanan Gereja ini merupakan sebuah gua yang banyak didatangi oleh bukan hanya umat Katolik untuk berdoa rosario atau novena, melainkan juga oleh umat lain yang bukan Katolik untuk melakukan meditasi dan memohon ujub kepada Tuhan yang Mahapemurah.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Semarang merupakan Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel. Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian. Jumlah lantainya adalah dua buah. Bangunan ini menghadap ke Selatan. Gereja ini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu. Di sekitar gereja ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa kolonial Belanda seperti Gedung Marba. Bangunan kuno ini juga sering menjadi salah satu tempat untuk foto foto Pre Wedding. Gereja Protestan yang lazim disebut Gereja Blenduk nama ini diberikan merunut pada bentuk kubahnya yang dalam bahasa Jawa disebut Blenduk (menggembung).

Tanah Lot

Tanah lot bali jelas adalah salah satu pura sekaligus destinasi wisata paling ikonik di Bali. Destinasi wisata ini juga sangat unik karena memiliki kompleks pura kecil di atas batu karang, dengan latar belakang pemandangan laut yang sangat indah. Pura yang dibangun oleh Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini. ura Tanah Lot Temple sebagai Segara, karena yang berfungsi sebagai tempat suci untuk menyembah Segara Bhatara, Tuhan dengan manifestasi sebagai Dewa Daya laut. Hewan yang unik dapat dilihat di daerah candi Tanah Lot ni, adalah ular yang umumnya dapat ditemui di pantai, bagian dari perutnya tidak ada kulit melintang, ular air laut ini sangat berbahaya, tapi kasus gigitan ular sangat jarang terjadi, karena ular air laut umumnya sangat pasif.

Itu tadi beberapa wisata religi di Indonesia yang cocok untuk dikunjungi. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata indonesia dari kami yang tanpa ribet dan pasti berangkat.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG