Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Wisata Sejarah di Malang

Wisata Sejarah di Malang

Blog thumbnail , , ,

Wisata Sejarah di Malang

Wisata ke Malang memang tidak ada matinya. Ada banyak sekali tempat indah di Malang yang bisa menjadi lokasi untuk menghabiskan akhir pekan. Banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Apel ini, salah satunya adalah berwisata sejarah. Boleh nih berkunjung ke candi-candi di Malang, bisa foto-foto sambil bernostalgia tentang cerita yang ada di baliknya. Nah, di bawah ini adalah candi-candi di Malang yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja, ya?

Candi Badut

Candi badut
Candi badut

Yang pertama adalah Candi Badut yang terletak di daerah Bukit Tidar, tepatnya di Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Malang. Candi ini sudah berusia sekitar 1400 tahun dan dipercaya sebagai yang tertua di Jawa Timur. Candi Badut merupakan peninggalan Prabu Gajayana, penguasa kerajaan Kanjuruhan. Hal ini pun dijelaskan dalam prasasti Dinoyo bertahun 760 Masehi. Saat berlibur di Malang, tak ada salahnya menyaksikan sendiri salah satu peninggalan kerajaan yang turut membangun Indonesia.

Candi Singosari

Candi Singosari
Candi Singosari

Seperti namanya, candi ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singhasari. Letak candi ini berada di  Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Ini merupakan candi bercorak Hindu – Budha yang dibangun dengan cara menumpuk-numpuk batu hingga ketinggian tertentu. Kemudian dilanjutkan dengan mengukir bebatuan tersebut dari atas ke bawah. Candi Singosari ini adalah yang tertinggi dan paling kuat. Hal ini bisa dilihat dari candi-candi di sekitarnya sudah habis tak tersisa. Selain keindahan dari candi, pepohonan hijau di sekitarnya membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Malang.

Candi Jawar

Candi Jawar
Candi Jawar

Wisata sejarah lainnya yang bisa dikunjungi di Malang adalah Candi Jawar yang berada di kawasan Malang Selatan. Tak hanya pantai, ternyata di area ini terdapat Candi Jawar yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Ini merupakan candi yang digunakan warga Hindu untuk beribadah. Candi ini  memiliki lantai  berbentuk bujur sangkar 6×6 meter, dan tingginya 60cm. Candi Jawar menghadap ke timur, tepat ke arah Gunung Semeru. Saat berkunjung ke Malang, sayang sekali jika Candi Jawr ini tidak masuk dalam daftar destinasi wisatamu. Ditambah lagi sepanjang perjalanan menuju candi ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan asri khas pegunungan. Sejuk banget.

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan
Candi Sumberawan

Yang terakhir namun tak kalah indah adalah Candi Sumberawan. Letak dari peninggalan ini adalah di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini berbentuk stupa yang ternyata merupakan satu-satunya yang ditemukan di Jawa Timur. Stupa ini wajib dikunjungi karena berada satu lokasi dengan sebuah telaga yang sangat indah. Berbeda dengan stupa lainnya, Candi Sumberawan tidak memiliki tangga yang mengarah ke ruangan di dalamnya. Diperkirakan bahwa stupa ini dulunya hanya difungsikan untuk pemujaan. Dari tulisan dan ukiran yang terlihat di candi, para peneliti percaya bahwa Hayam Wuruk telah mengunjungi stupa ini di tahun 1359 Masehi. Candi Sumberawan diperkirakan berdiri sekitar abad 14 sampai 15 masehi yaitu pada periode Kerajaan Majapahit dan bercorak Budha.

Jika anda ingin merencanakan wisata sejarah saat berlibur ke Malang, candi-candi di atas wajib masuk dalam daftarmu. Lebih praktis lagi jika mempercayakan pengaturan daftar tempat wisata, termasuk sejarah, juga kuliner Malang pada travel kesayanganmu, seperti Wisata-BatuMalang.com. Liburan pun nyaman dan tidak ada lokasi impian di Malang yang terlewat. Setuju, kan?

Info lebih lanjut kunjungi web kami : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG